Naah, kali ini saya ingin berbagi di blog ini.. Semoga bermanfaat... :)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa
sangat penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa
Indonesia berfungsi sebagai lambang kebanggaan Nasional, lambang
identitas Nasional, alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda
latar belakang sosial, budaya dan bahasanya, bahkan sebagai alat
perhubungan antar budaya dan antar daerah.
Seseorang
dapat berkomunikasi dengan baik dalam suatu bangsa apabila orang
tersebut menguasai sistemnya dan dilakukan dengan orang lain yang juga
menguasai sistem bahasa itu, sempurna atau tidaknya bahasa sebagai alat
komunikasi umum, ditentukan oleh kesempurnaan sistem atau aturan bahasa
dari masyarakat pemakainya.
Salah
satu keterampilan berbahasa yang mempunyai fungsi sebagai sarana untuk
berkomunikasi adalah menulis. Komunikasi yang dimaksudkan adalah
komunikasi secara tidak langsung bertatap muka dengan orang lain. Pada
dunia pendidikan di sekolah, ketrampilan menulis dapat dipraktikkan pada
kegiatan mengarang.
Apabila
siswa mampu membuat kalimat yang dirangkai menjadi paragraf, maka siswa
dianggap telah mampu menyusun karangan dengan baik. Padahal suatu
karangan itu dapat dikatakan baik apabila disusun menurut kaidah yang
benar.
Dari
pengamatan penulis, siswa kelas II dan V SD Kr. Brawijaya 3 Tahun Pelajaran 2011 / 2012 Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang belum
dapat dikatakan menulis karangan yang baik dan benar. Hal ini disebabkan
siswa belum memiliki kemampuan berbahasa Indonesia secara maksimal.
Analisis
kesalahan dalam karangan siswa dapat ditinjau dari kesalahan berbahasa
dan titik beratnya pada kesalahan ejaan pemakaian huruf kapital,
kesalahan penggunaan preposisi dan kesalahan tanda baca titik dan koma.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut.
a. Adakah kesalahan pemakaian huruf kapital ?
b. Adakah kesalahan penggunaan preposisi ?
c. Adakah kesalahan pemakaian tanda baca titik dan koma ?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan diatas, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut
a. Mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf kapital
b. Mendeskripsikan kesalahan penggunaan preposisi (kata depan di, ke, dari)
c. Mendeskripsikan pemakaian tanda baca titik dan koma
Karangan Siswa SD |
BAB II
PENYAJIAN DAN PEMBAHASAN DATA
Penyajian Data
Dari
contoh karangan siswa kelas V SD Kr. Brawijaya 3 banyak
mengalami kesalahan. Dalam karangan tersebut terdapat beberapa huruf
kapital, kesalahan, preposisi dan kesalahan tanda koma
Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam karangan siswa yang mengalami kesalahan–kesalahan :
Kesalahan huruf kapital
Kalimat yang mengalami kesalahan huruf kapital dipaparkan dibawah ini :
No
|
Kalimat yang salah
|
Pembetulan
|
1
|
…. saya pergi ke sitiarjo
|
.… saya pergi ke Sitiarjo
|
Kesalahan Preposisi
Dari karangan tersebut tidak terdapat kesalahan preposisi (kata depan)
Kesalahan Tanda Baca Koma
Kalimat yang mengalami kesalahan tanda baca titik dan koma dipaparkan dibawah ini
No
|
Kalimat yang salah
|
Pembetulan
|
1
|
Pada saat saya kelas 4 SD saya libur sekolah.
|
Pada saat saya kelas 4 SD, saya libur sekolah.
|
2
|
Saya dan mama, papa akhirnya sampai di rumah kakek.
|
Saya, mama, dan papa akhirnya sampai di rumah kakek.
|
Kesalahan penggunaan kata
No
|
Kalimat yang salah
|
Pembetulan
|
1
|
…. jalannya banyak yang berkelok-kelok hingga tak bisa naik karena keberatan badan.
|
…. jalannya banyak yang berkelok-kelok hingga tak bisa naik karena keberatan muatan.
|
2
|
Ada orang yang jatuh di jalan, mereka ditolong orang dan dipisahkan dari jalan ….
|
Ada orang yang jatuh di jalan, mereka ditolong orang dan diangkat dari jalan ….
|
3
|
Karena ada polisi perjalanannya lancar dan tidak berantakan di jalan
|
Karena ada polisi perjalanannya lancar dan teratur di jalan
|
4
|
… bermain kepada keluarga
|
… bermain dengan keluarga
|
5
|
Dan 1 minggu saya pulang ke rumah
|
Setelah 1 minggu saya pulang kembali ke rumah
|
Data kesalahan dan pembahasan yang mengalami kesalahan tanda huruf kapital akan dibahas sebagai berikut :
1. Pada hari libur sekolah saya pergi ke sitiarjo …
Seharusnya huruf S pada kata Sitiarjo menggunakan huruf kapital karena merupakan nama kota.
Data kesalahan dan pembahasan yang mengalami kesalahan tanda baca titik dan koma akan dibahas sebagai berikut :
1. Pada saat saya kelas 4 SD saya libur sekolah.
Seharusnya menggunakan tanda baca koma di belakang keterangan pada awal kalimat.
2. Saya dan mama, papa akhirnya sampai di rumah kakek
Seharusnya menempatkan tanda hubung dan tanda koma di antara unsure-unsur dalam suatu perincian.
Data kesalahan dan pembahasan yang mengalami kesalahan penggunaan kata akan dibahas sebagai berikut :
1. …. jalannya banyak yang berkelok-kelok hingga tak bisa naik karena keberatan badan.
Seharusnya kata keberatan badan diganti dengan keberatan muatan.
2. Ada orang yang jatuh di jalan, mereka ditolong orang dan dipisahkan dari jalan ….
Seharusnya kata dipisahkan dalam kalimat tersebut diganti dengan kata diangkat.
3. Karena ada polisi perjalanannya lancar dan tidak berantakan di jalan.
Seharusnya kata tidak berantakan diganti dengan kata teratur.
4. … bermain kepada keluarga.
Seharusnya kata kepada diganti dengan kata dengan atau bersama.
BAB III
PENUTUP
SIMPULAN
Berdasarkan
analisis data penggunaan bahasa khususnya penggunaan huruf kapital,
penggunaan preposisi dan penggunaan tanda baca titik dan koma, pada
karangan siswa kelas V SD Kr. Brawijaya 3 masih banyak
ditemukan kesalahan.
Penulis dapat menyimpulkan bahwa :
1. Penggunaan
huruf kapital pada karangan siswa, masih banyak mengalami kesalahan.
Kesalahan huruf kapital ini banyak terjadi pada huruf pertama dan nama
kota. Selain itu kesalahan huruf kapital juga terjadi pada huruf pertama
kata pada awal kalimat.
2. Penggunaan preposisi pada karangan siswa tidak mengalami kesalahan.
3. Penggunaan
tanda baca koma pada karangan siswa kelas V juga masih mengalami
kesalahan. Kesalahan yang paling banyak dalam penggunaan tanda baca koma
adalah kesalahan kata atau ungkapan penghubung antar kalimat yang
terjadi pada awal kalimat tanpa disertai tanda koma seperti setelah itu,
sesudah itu, kemudian dan lain-lain.
SARAN
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis menyampaikan saran sebagai berikut :
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis menyampaikan saran sebagai berikut :
1. Siswa
kelas V dalam minat baca agar lebih ditingkatkan, berlatih dengan
sungguh-sungguh serta dengan meningkatkan pemahaman tentang kalimat dan
ejaan yang disimpurnakan, khususnya pada huruf kapital, preposisi dan
tanda baca koma.
2. Guru kelas V diharapkan dapat lebih memahami kaidah kebahasaan dan mutu pendidikan lebih ditingkatkan lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Suwignyo, Heri. 2007. Bahasa Indonesia Keilmuan. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang
http://hadisetyo.wordpress.com/2009/11/06/penelitian-tindakan-upaya-mengatasi-kesalahan-ejaan-pada-karangan-siswa-kelas-v-sd-negeri-1-kuripan-kecamatan-watumalang-kabupaten-wonosobo-kelas/
0 komentar:
Posting Komentar